Sabtu, 14 Januari 2012

ktsp

KATA  PENGANTAR

           Puji  syukur  kami  panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,  karena limpahan  rahmat,taufiq,serta hidayahnya   semata   kami  dapat menyusun seperangkat  Kurikulum Tingkat Satuian pendidikan ( KTSP ) , Sekolah Dasar Negeri Negeri  Gadungan 05  . Kurikulum ini disusun untuk  rencana dan pengaturan, mengenai  tujuan, isi dan bahan  pelajaran  serta cara   penyelenggaraan kegiatan  pembelajaran  untuk  mencapai  tujuan  pendidikan.
            Kurikulum yang berlaku di Sekolah Dasar perlu secara terus menerus disempurnakan  dengan pola Menejemen Berbasis Sekolah  yang ditandai dengan tiga pilar yaitu : Kewenangan keputusan sekolah, partisipasi masyarakat yang cukup tinggi, serta, akuntabilitas yang tinggi,namun tetap dalam kerangka kebijakan Pendidikan Nasional.Dengan keterlibatan sekolah dalam penyempurnaan kurikulum maka kesesuaian dengan kebutuhan siswa, masyarakat, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan lebih maju.
            Penyusun menyadari sepenuhnya,penyusunan kurikulum ini masih banyak kekurangan, baik dari teknis, maupun materinya. Untuk itu dengan senang hati, dan terbuka kami menerima kritik dan saran dari berbagai fihak demi kesempurnaan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan di SD Negeri  Gadungan 05 di masa-masa mendatang, sehingga hasil penyusunan kurikulum ini dapat bermanfaat bagi khalayak 
           Kami yakin  bahwa penyusunan kurikulum ini dapat terselesaikan berkat bantuan dari berbagai fihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada:
1 .Bapak Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gandusari ,
2. Bapak Ibu Pengawas TK /SD  Kecamatan Gandusari ,
3. Bapak Ibu Guru SD Negeri  Gadungan 05,
4. Bapak  Komite Sekolah
            Atas tersusunnya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP )  Sekolah Dasar Negeri  Gadungan 05.
            Akhirnya kami hanya mampu memanjatkan  do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa  semoga semua bantuan dari berbagai fihak terkait  mendapat imbalan yang sesuai dengan amal baiknya. Sekian mohon maaf atas segala kekurangan. Amin                             



Gadungan  ,17 juli 2011

Penyusun




NURHABIBAH,S,PdI
NIP.196503011987031016
 










                                                 


 



BAB   I


PENDAHULUAN



I.     LATAR  BELAKANG

          Diberlakukannya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2003 tentang otonomi daerah ,serta disusul dengan Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah menurut otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan. Bahwa pengelolaan pendidikan yang semula bersifat  sentralistik berubah menjadi desentralistik Yang maksudnya bahwa pengelolaan pendidikan yang dulu terpusat , maka sekarang pengelolaan pendidikan diberikan wewenangnya kepada sekolah untuk menyusun kurikulum mengacu pada  Undang-Undang  Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional , yaitu pasal 3 tentang fungsi dan tujuan pendidikan  nasional dan pasal 35 tentang standart nasional pendidikan. Juga adanya tututan globalisasi dalam dunia pendidikan yang memacu agar hasil pendidikan nasional dapat bersaing denganhasil pendidikan di dunia internasional khususnya di negara-negara maju.
          Pengelolaan Pendidikan secara desentralisasi diharapkan segera dapat dilaksanakan agar dapat memenuhi kebutuhan sesuai dengan  situasi dan kondisi daerah masing-masing. Adapun bentuk dan wujud nyata dari desentralisasi pengelolaan pendidikan adalah   diberikanya wewenang kepada sekolah untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan , seperti: dalam pengelolaan kurikulun , baik dalam penyusunannya , maupun dalam pelaksanaannya di sekolah.
          Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  ( KTSP ) adalah kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan . KTSP dikembangkan sesuai dengan relevansinya oleh setiap kelompok atau satuan pendidikan dan komite sekolah dibawah koordinasi dan supervisi Departemen Pendidikan. Penyusunan KTSP berpedoman pada standar isi dan standar kompetensi serta panduan yang disusun oleh BSNP ( Badan Standar Nasional Pendidikan ).  Standar nasional pendidikan terdiri atas isi, proses kompetensi lulusan, tenaga kepandidikan ,sarana dan prasarana,pengelolaan , pembiayaan , dan penilaian pendidikan.  Dari delapan standar nasional pendidikan tersebut, dua yang merupakan  acuan utama bagi satuan pendidikan dalam mengembangkan pendidikan  yaitu :
Standar Isi  ( SI ) , dan   Standar Kompetensi  Lulusan  ( SKL ).
          Adapun pengembangan kurikulum disusun antara lain agar dapat memberikan kesempatan peserta didik  untuk :
a.  Belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha  Esa,
b.  Belajar untum memahami dan menghayati,
c.  Belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
d. Belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain,
e.  Belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar yang aktif,kreatif, efektif, dan menyenangkan.
            Kewenangan sekolah dalam menyusun kurikulum memungkinkan sekolah menyesuaikan dengan tututan kebutuhan siswa, keadaan sekolah ,dan kondisi daerah.
      Dengan demikian , sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar,cara mengajar , dan menilai keberhasilan belajar mengajar.

1.1.  VISI , MISI , DAN TUJUAN  SEKOLAH
1.1.1.      Visi SD Negeri  Gadungan 05
Sekolah yang Bersih,Sehat,Indah dan Bermutu, serta Unggul    dalam  pretasi  berwawasan  IPTEK yang  dilandasi  IMTAQ.
1.1.2.      Misi SD Negeri  Gadungan 05
1.      Serta didik  menjadi  manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang   Maha  Esa , berbudi pekerti luhur , dan ramah , dengan  menciptakan  suasana   belajar  yang   kondusif dengan pola MBS.
2.      Menjadikan serta didik tanggap terhadap perkembangan teknologi yang tetap berpegang teguh pada budaya domestik, dengan meningkatkan kesenian dan ketrampilan.
3.      Melaksanakan  PBM  secara  PAKEM dengan menanamkan nilai-nilai  budipekerti yang luhur.
4.      Mengembangkan  sekolah  sebagai pusat Pendidikan ,Kebudayaan dan nilai-nilai Pendidikan  Agama.
5.      Mengembangkan  estetika ,  etika , dan  moral  sejalan dengan perkembangan IPTEK.
1.1.3.      Tujuan  Umum  Pendidikan  SD Negeri  Gadungan 05  
1.      Siswa beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlaq mulia.
2.      Siswa  sehat  jasmani  dan rokhani.
3.      Siswa memiliki dasar–dasar pengetahuan dan kemampuan untuk           melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi ,dan memiliki ketrampilan sebagai bekal untuk terjun dimasyarakat.
4.      Siswa mengenal dan  mencintai bangsanya , masyarakat ,dan budaya  serta  menjunjung  tinggi  nilai-nilai   budi  pekerti dan budaya domestik.
5.      Siswa  dapat  kreatif,  trampil , dan  bekerja  untuk dapat mengembangkan diri secara berkelanjutan.
6.      Mengembangkan sekolah sebagai pusat pendidikan logika, praktikka, etika, dan estetika.
7.      Mewujudkan Wawasan Wiyata Mandala di SD Negeri  Gadungan 05                                
1.2.  PENGERTIAN
1.2.1.  Kurikulum
Kurikulum adalah seperangkat rencana  dan pengaturan mengenai tujuan , isi,dan bahan  pelajaran , serta  cara  yang digunakan sebagai  pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran  untuk mencapai suatu tujuan pendidikan tertentu.
1.3.2        Kurikulum  Tingkat  Satuan  Pendidikan  ( KTSP )
KTSP  adalah  kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan.  KTSP terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan , struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan , kalender pendidikan ,dan silabus.

1.2.2.      Silabus
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan / atau kelompok mata     pelajaran / tema  tertentu  yang  mencakup standar kompetensi,kompetensi dasar, materi  pokok / pembelajaran, kegiatan  pembelajaran ,  indikator ,  penilaian , alokasi  waktu , dan    sumber / bahan / alat belajar .Silabus   merupakan penjabaran standar kompetensi ,dan kompetensi  dasar  ke dalam  materi  pokok / pembelajaran, kegiatan pembelajaran , dan indicator pencapaian kompetensi untuk penilaian.
           Contoh silabus terdapat pada lampiran.
1.2.3.      Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran
            Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus  dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan Pembelajaran , materi  ajar, metode pengajaran, sumber belajar,dan Penilaian hasil belajar.  Contoh rencana pembelajaran di SD Negeri  Gadungan 05 terdapat pada  lampiran.


                                                           














BAB  II
STRUKTUR  DAN  MUATAN  KURIKULUM

II. 1 . STRUKTUR  KURIKULUM
               Struktur merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran . Susunan  mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaitu kelompok mata pelajaran agama dan dan akhlaq mulia; kewarganagaraan dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan tehnologi;estetika; jasmani;olah raga dan kesehatan.
               Struktur kurikulum SD Negeri  Gadungan 05 meliputi substansi pembelajaran yang dalam satu jenjang pendidikan selama enam tahun mulai kelas I sampai dengan kelas VI.
               Struktur Kurikulum SD Negeri  Gadungan 05 disusun  berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi  mata pelajaran dengan ketentuan  sebagai berikut:
a)    Kurikulum  SD Negeri  Gadungan 05 memuat  8 mata pelajaran, muatan lokal dan  pengembangan diri.
b)   Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan “ IPA terpadu” dan “IPAterpadu.”
c)    Pembelajaran pada kelas I s/d III dilaksanakan melalui pendekatan tematik, sedangkan  pada kelas IV s/d VI dilaksanakan melalui pendekatan mata pelajaran.
d)   Alokasi waktu satu jam pelajar adalah  35 menit.
e)    Minggu efektif dalam satu tahun ( dua semester ) adalah  36 minggu.







TABEL I : ALOKASI WAKTU
STRUKTUR KURIKULUM SDN GADUNGAN 05TAHUN  2009 /2010
No
K o m p o n e n
Kelas dan Lokasi Waktu
I
II
III
IV
V
VI
A
Mata Pelajaran
PENDEKATAN TEMATIK



1
Pendidikan Agama
4
4
4
2
Pendidikan   Kewarganegaraan
2
2
2
3
Bahasa Indonesia
5
5
5
4
Matematika
5
5
5
5
Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
6
Ilmu Pengetahuan Sosial
3
3
3
7
Seni Budaya dan  Ketrampilan
4
4
4
8
Pendidikan Jasmani,Olah raga & Kesehatan
4
4
4
B
Muatan Lokal



1
Bahasa Jawa
2
2
2
2
·         Pertanian
·         Tata Boga
2
2
2
3
Bahasa Inggris
2
2
2
C
Pengembangan  Diri






1
Kepramukaan






2
Keagamaan



1
1
1

J U M L A H
32
32
32
38
38
38

II.2   MUATAN  KURIKULUM  DI  SD GADUNGAN 05
          Muatan Kurikulum meliputi 8 mata pelajaran pokok, 3 mata pelajaran muatan lokal, dan 2 mata  pelajaran Pengembangan diri.
II.2.1. Mata Pelajaran.
          Mata pelajaran di SD Negeri  Gadungan 05 terdiri dari 8 mata pelajaran pokok, yaitu:
II.2.1.1. Pendidikan  Agama
a.       Pendidikan Agama Islam, bertujuan :
                                ¾   Menumbuh  kembangkan  akidah melalui pemberian, pemupukkan , dan  pengembangan pengetahuan,penghayatan,pengamalan,pembiasaan serta  pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga menjad manusia  muslim yang  terus berkembang  keimanan dan ketaqwaannya  kepada Allah SWT.
                                ¾   Mewujudkan  manusia  Indonesia yang  taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan ,rajin beribadah cerdas,produktif, jujur,adil etis, disiplin, toleransi, menjaga keharmonisan secara  personal dan social serta mengembangkan budaya agama dalam komunitas sekolah.
          b. Pendidikan Agama Hindu, bertujuan :
¾       Menumbuh kembangkan  akidah melalui pemberian, pemupukan , dan pengembangan pengetahuan,penghayatan,pengamalan,pembiasaan serta pengalaman peserta didik  tentang agama Hindu  sehingga  menjadi manusia yang terus  berkembang Keimanan  dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
¾        Mewujudkan  manusia  Indonesia  yang taat beragama dan berakhlak mulia yaitu manusia yang berpengetahuan ,rajin beribadah  cerdas dan produktif,jujur,adil, etis, disiplin, toleransi, menjaga  keharmonisan secara  personal dan sosial serta mengemba ngkan budaya agama dalam komunitas sekolah.

II.2.1.2. Pendidikan Kewarganegaraan.
              Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
§    Berfikir secara kritis,rasional,dan kreatif dalam menghadapi isu kewarganegaraan.
§    Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,serta anti   korupsi.
§    Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama-sama dengan bangsa lain.
§    Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.


II.2.1.3. Bahasa Indonesia
              Mata Pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
§  Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tertulis.
§  Menghargai dan bangga menggunakan Bahasa Indonesia  sebagai bahasa persatuan dan kesatuan bangsa.
§  Memahami Bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai bangsa.
§  Menggunakan Bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan  emosional ,dan social.
§  Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pdkerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
§  Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.

II.2.1.4.Matematika.
                 Mata Pelajaran Matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
§ Memahami konsep Matematika, menjelaskan ketertarikan antar konsep dan  mengaplikasikan konsep atau logaritma, secara luwes, akurat,efisien, dan tepat dalam memecahkan masalah.
§ Menggunakan penalaran pada pola dan sifat,melakukan manipulasi matematika dalam membuat genera-lisasi,menyusun bukti, atau atau menjelaskan gagasan dan pertanyaan matematika.
§ Memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah ,merancang model matematika,menyelesaikan model,dan penafsiran solusi yang diperoleh.
§ Mengkomunikasikan gagasan dengan simbul,tebel diagram atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah.
§ Memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian,dan minat dalam mempelajari matematika, serta sikap ulet dan percaya diri dalam memcahkan masalah.

II.2.1.5. Ilmu Pengetahuan Alam.
               Mata    pelajaran   IPA    bertujuan  agar siswa memiliki kemampuan
               sebagai berikut:
§ Memperoleh keyakinan terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan keberadaan,keindahan,dan keteraturan alam ciptaan-nya.
§ Mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
§ Mengembangkan rasa ingin tahu , sikap positif, dan kesadaran tentang adanya hubungan yang saling mempengaruhi antara IPA, lingkungan,teknologi,dan masyarakat.
§ Mengembangkan ketrampilan proses untuk menyelidiki alam sekitar, memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
§ Meningkatkan kesadaran untuk berperan serta dalam memelihara,menjaga,dan melestarikan lingkungan alam.
§ Meningkatkan kesadaran untuk memnghargai alam dan segala keteraturannya sebagai salah satu ciptaan Tuhan.
§ Memperoleh bekal pengetahuan konsep, dan ketrampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan ke SMP/ MTs.

II.2.1.6. Ilmu Pengetahuan  Sosial
               Mata pelajaran IPS bertujuan agar siswa memiliki kemampuan seba-
               gai berikut :
§  Mengenal konsep-konsep yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat dan lingkungannya.
§  Memiliki kemampuan dasar untuk berfikir logis dan kritis, rasa ingin tahu,inkuiri,memecahkan masalah, dan ketrampilan dalam kehidupan social.
§  Memiliki komitmen dan kesadaran terhadap nilai-nilai social dan kemanusiaan.
§  Memiliki kemampuan berkomunikasi, bekerja sama, dan berkompetisi dalam masyarakat yang majemuk di tingkat lokal, nasional,dan global.
II.2.1.7. Seni Budaya dan Ketrampilan.
               Mata Pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan bertujuan agar siswa
               memiliki kemampuan sebagai berikut:
§  Memahami konsep dan pentingnya Seni Budaya dan Ketrampilan.
§  Menampilkan suatu sikap apresiasi terhadap seni budaya dan ketrampilan.
§  Menampilkan peran serta dalam seni budaya dan ketrampilan dalam tingkat lokal, regional, maupun global.                           
II.2.1.8. Pendidikan Jasmani, Olah Raga , dan Kesehatan
               Mata   Pelajaran   pendidikan   Jasmani,  Olah Raga, dan   Kesehatan 
               bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
§   Mengembangkan ketrampilan pengelolaan diri dalam upaya pengembangan dan pemeliharaan kebugaran jasmani serta pola hidup sehat melalui berbagai aktifitas jasmani dan olah raga terpilih.
§   Meningkatkan pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang baik.
§   Meningkatkan kemampuan dan ketrampilan gerak dasar.
§   Meletakkan landasan karakter moral yang kuat melalui internalisasi nilai-nilai yang terdapat dalam pendidikan jasmani, olah raga,dan kesehatan.
§   Mengembangkan sikap sportif,jujur,disiplin,bertanggung jawab, kerja sama, percaya diri,dan demokratis.
§   Mengembangkan ketrampilan untuk menjaga keselamatan diri sendiri,orang lain, dan lingkungan.
§   Bersikap lebih sportif dalam tata kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya.

II.2.2.1. Muatan Lokal.
               Muatan Lokal di SD Negeri  Gadungan 05  terdiri atas:
II.2.2.1 Bahasa Jawa
               Mata Pelajaran Bahasa Jawa bertujuan agar peserta didik memiliki            kemampuan sebagai berikut:
§  Menghargai dan membanggakan Bahasa Jawa sebagai bahasa
daerah, berkewajiban untuk mengembangkan dan melestarikannya.
§  Memahami Bahasa Jawa dari segi bentuk, makna,dan fungsi serta menggunakannya dengan tepat untuk bermacam-macam
§  tujuan, keperluan dan keadaan, misalnya di sekolah,di rumah,di masyarakat dengan baik dan benar.
§  Memiliki kemampuan menggunakan bahasa jawa yang baik dan benar untuk meningkatkan ketrampilan,kemampuan intelektual (berfikir kreatif,menggunakan akal sehat, menerapkan kemampuan yang berguna,menggeluti konsep abstrak ), dan memecahkan masalah, kematangan, emosional dan sosial.
§  Bersikap lebi positif dalam tata kehidupan sehari-hari dalam lingkungannya.

II.2.2.2.Komputer.
              Mata pelajaran Komputer bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut:
§  Memahami alat Teknologi informasi,komunikasi secara umum termasuk komputer( computer literate) dan memahami informasi(information literate).
§  Menyadari keunggukan dan keterbatasan komputer , serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
§  Memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi serta cara mengkomunikasikan.
II.2.2.3. Bahasa Inggris.
               Mata pelajaran Bahasa Inggris bertujuan agar peserta didik memiliki         kemampuan sebagai berikut:
               Untuk siswa Kelas I  -  III:
§  Memiliki ketrampilan mendengar/ menyimak,berbicara, menulis, dan  membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih
kurang 200 kata pada tingkat lanjutan ( kelas IV – VI )
                     Untuk siswa Kelas IV – VI :
§  Memiliki ketrampilan mendengar / menyimak, berbicara, menulis, dan membaca dalam pola sederhana sesuai dengan tingkat usia dengan jumlah penguasaan kosa kata lebih kurang 300 kata yang merupakan kelanjutan dari tingkat sebelumnya dan bias bertambah untuk tingkat SLTP.

 II.2.3. Pengembangan Diri.
               Program Pendidikan Pengembangan Diri merupakan sarana agar peserta didik dapat meningkatkan kualitas diriny sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Program ini di SD Negeri  Gadungan 05 dikemas berupa kegiatan ekstra kurikuler, yang terdiri  atas :
1.      Kewiraan.
·         Pramuka.
2.      Olah Raga:
·         Bola Voly             
·         Sepak Bola
·         Senam.
3.      Seni
·         Seni Vokal
·         Seni Tari
                      4.   U K S:
·         Dokter Kecil
 5.   Kegiatan Pembiasaan:
   Merupakan proses pembentukan akhlak dan penanaman/ pengamalan ajaran agama :
 Adapun kegiatan pembiasaan meliputi:         
Anak yang beragama Islam:
¾    Peringatan Hari Besar Agama (Tadarus Al Qur’an, Pondok Romadhan,Takbir Keliling, HalalBihalal,Maulid Nabi,IdulAdha) Sholat berjamaah, penanaman akhlak, misalnya: mengucap salam,mencium tangan orang tua dan guru, berdo’a sesudah dan sebelum makan, makan dengan duduk,dan dengan tangan kanan, menjaga kebersihan diri, pakaian, lingkungan sekitar,tempat ibadah, menjenguk teman yang sakit, membaca buku-buku tentang keagamaan             ( Islam )

Anak yang beragama Hindu:  
¾    Peringatan Hari Besar Agama (Peringatan Hari Raya Nyepi, Galungan Kuningan, Saraswati)Sembahyangan ,penanaman akhlak, misalnya: hormat pada Guru dan orang tua, mencium tangan orang tua dan guru, berdo’a sesudah dan sebelum makan, makan dengan duduk,dan dengan tangan kanan, menjaga kebersihan diri, pakaian, lingkungan sekitar,tempat ibadah ,menjenguk teman yang sakit, membaca buku-buku tentang keagamaan
(Hindu).










II.2.4. Pengaturan Beban Belajar:
               Pengaturan Beban Belajar di SD Negeri  Gadungan 05 adalah sebagai berikut:
TABEL 2:
BEBAN BELAJAR SD NEGERI  GADUNGAN 05
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Satuan
Pendidikan
Kelas
Satuan Jam Pembelajaran Tatap Muka(menit)
Jml.jam Pembelajaran per Minggu
Minggu efektif per tahun pelajaran
Waktu Pembelajaran per Tahun
Jumlah jam per Tahun     ( a.60 menit)
SD




I

S/d


III
35
Kelas:
I.   30

II.  31

III. 32
36
Kelas :
I. 1050      jam

II. 1085   pem
                bela
III.1120  jaran

Kelas:
I.   37.800  me
II.  39.060  nit
III. 40.320
I.                   1050
II.                 
Kelas:
I.   630
II.  651
III. 672
IV

S/d

VI



35


36


36

1260 jam Pelajaran ( 45.360 menit)
756






                                               
II.2.5   Ketuntasan Belajar

Ketuntasan Belajar setiap Indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%

TABEL 3
STANDAR KETUNTASAN BELAJAR SDNEGERI GADUNGAN 05
TAHUN PELAJARAN 2009-2010
NO.
KOMPONEN
KETUNTASAN BELAJAR
A.
Mata Pelajaran :
1. Pendidikan Agama
2. Pendidikan Kewarganegaraan dan Kepribadian
3. Bahasa Indonesia
4. Matematika
5. Ilmu Pengetahuan Alam
6. Ilmu Pengetahuan Sosial
7. Seni Budaya dan Ketrampilan
8. Pendidikan Jasmani, Olah raga, dan Kesehatan

70%
70%
70%
70%
70%
70%
70%
70%
B.
Muatan Lokal :
1. Bahasa Jawa
2. Komputer
3. Bahasa Inggris

70%
70%
65%
C. 
Pengembangan diri :
1. Pramuka
2. Olah Raga

B
B

II.2.6  Kenaikan Kelas :

Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun ajaran. Kriteria kenaikan kelas diatur oleh masing-masing direktorat teknis terkait.

a)  Kriteria Kenaikan Kelas.
               1)  Nilai rapor diambil dari nilai pengamatan, nilai harian, nilai
        tugas/PR, nilai Tes Tengah Semester, dan nilai Tes Akhir           
                     Semester dijumlahkan untuk mencari nilai rata-rata setiap siswa dalam satu mata pelajaran, yang sesuai dengan Standar Ketuntasan Belajar (SKB) di SD Negeri  Gadungan 05.
               2)   Memiliki rapor dikelasnya masing-masing.

b)  Penentuan Kenaikan Kelas.          
               1)  Penentuan siswa yang naik kelas dilakukan oleh sekolah dalam suatu rapat Dewan Guru dengan mempertimbangkan Standar Ketuntasan Belajar (SKB), Sikap, penilaian budi pekerti, dan kehadiran siswa yang bersangkutan.
                                                            16
               2)  Siswa yang dinyatakan naik kelas, rapornya dituliskan naik ke kelas.
               3)  Siswa yang tidak naik harus mengulang di kelasnya.

II.2.7 Kelulusan.
Sesuai dengan ketentuan PP 19 / 2005 pasal 72 Ayat 1, peserta didik dinyatakan lulus dari Satuan Pendidikan pada pendidikan dasar dan menengah setelah:
               1)  Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
               2) Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok Mata Pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian, kelompok Mata Pelajaran Estetika, kelompok Mata Pelajaran Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan.
               3)  Lulus Ujian Sekolah / Madrasah untuk kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan
               4)  Lulus Ujian Akhir Nasional.

II.2.8  Penentuan Kelulusan

    a. Kriteria Kelulusan :
Hasil ujian dituangkan ke dalam blangko Daftar Nilai Ujian. Hasil ujian dimanfaatkan sebagai bahan pertimbangan sekolah untuk penentuan kelulusan dengan ktriteria sebagai berikut : 
           1)     Memiliki rapor kelas VI

             2)  Telah mengikuti Ujian Sekolah dan memiliki nilai untuk seluruh Mata   Pelajaran yang diujikan, minimal nilai masing-masing mata pelajaran adalah 6,00.
    b. Penentuan Kelulusan  :
              1)  Penentuan siswa yang dinyatakan lulus dilakukan oleh sekolah dalam suatu Rapat Dewan Guru dengan mempertimbangkan nilai rapor, nilai ujian sekolah, sikap / perilaku / budi pekerti siswa yang bersangkutan dan kriteria kelulusan.
              2)  Siswa yang dinyatakan lulus diberi ijazah, dan rapor sampai dengan semester 2 kelas VI Sekolah Dasar.
               3) Siswa yang tidak lulus tidak memperoleh ijazah dan harus mengulang di kelas terakhir.







                                                           

II.2.9  Pendidikan Kecakapan Hidup.

Pendidikan Kecakapan  Hidup di SD Negeri  Gadungan 05 adalah Komputer.

TABEL 4
PROGRAM PEMBELAJARAN KOMPUTER
SD NEGERI  GADUNGAN 05


KELAS
MATERI
I
·     Pengenalan bagian-bagian Komputer
·     Menghidupkan dan mematikan komputer dengan urutan benar
·     Games
II
·     Menghidupkan dan mematikan komputer dengan urutan yang benar
·    Menghafal posisi huruf dan angka serta tombol yang lain dengan    menjodohkan ke 10 jari tangan
·    Mengatur margin dan page setup
·     Mengetik huruf dan angka dengan jari yang betul
·     Games
III
·     Mengetik huruf dan angka dengan cepat dan benar menggunakan 10 jari
·     Mengetik teks pancasila
·     Games
IV
·     Pengenalan Program Microsoft Word
·     Mengetik Puisi
·     Games
V
·     Membuat dan mengetik surat
·     Pengenalan Program Microsoft Excel
·     Membuat kolom / table jadwal mata pelajaran
VI
·     Membuat surat
·     Pengenalan Progran Adobe Phothoshop dan Program Korel
·     Menghitung dengan rumus Excel
·     Mengetik lagu-lagu wajib

II.2.10. Pendidikan  Berbasis  Keunggulan  Lokal dan Global.

               Ketrampilan local  dan global  di SD Negeri  Gadungan 05, adalah sebagai berikut :
·         Dasar-dasar pertanian yang diperuntukkan untuk kelas I-III.
·         Tata Boga yang diperuntukkan untuk siswa kelas IV – VI
Adapun rincian umumnya adalah seperti yang terlihat pada table 5 dan table 6 di bawah ini.


TABEL 5:
PROGRAM KETRAMPILAN LOKAL DAN GLOBAL UNTUK KELAS I-III ( DASAR PERTANIAN )
SD NEGERI  GADUNGAN 05


KELAS

M A T E R I

I
·         Menyebutkan nama alat-alat yang biasa digunakan untuk bertani di lingkungan rumah / sekolah.
·         Merawat taman bunga di sekolah dan tanaman obat-obatan di sekolah.
II
·         Memperkenalkan  macam-macam tanaman yang ada di sekitar sekolah  yang dapat dibuat sayur-mayur.
·         Merawat tanaman bunga di depan kelas.
III
1.Menanam dan merawat tanaman Toga di kebun sekolah.
2.Pengolahan tanah.
·         Membuat bedengan.
·         Menanam di bedengan.
·         Pemupukan.
·         Perawatan tanaman.
·         Pemanenan.

3.Menanam dan merawat tanaman Warung Hijau di kebun
   sekolah.














                                               



TABEL  6 :
PROGRAM KETRAMPILAN LOKAL DAN GLOBAL
UNTUK KELAS IV – VI  ( TATA BOGA )
SD NEGERI  GADUNGAN 05

KELAS
M A T E R I
IV
1.Memperagakan cara menghidangkan makanan dan kue
   di meja tamu :
·         Mempersiapkan dan menata gelas/ cangkir.
·         Menyajikan hidangan.
2. Membuat minuman khas daerah.
·         Kolak roti.
·         Bubur kacang hijau.
3. Tata cara dan sopan santun pada waktu makan.
·         Do’a sesudah dan sebelum makan.
·         Duduk dengan tertib.

V
1.  Mampu mempraktekkan cara memasak camilan khas
     daerah , misalnya :
·         Membuat  kripik singkong,  kripik pisang, tape singkong, pisang goreng, singkong goreng dll.
2.  Mampu memasak masakan tradisional daerah,misal:
·         Memasak nasi pecel, nasi rujak, nasi jagung,dll.
3.  Mampu memasak dan menghidangkan menu makan
     siang sesuai dengan standar  4 sehat  5 sempurna.
VI

1.  Mampu memasak menu makan pagi dan makan
     malam sesuai standar 4 sehat  5 sempurna.
2.  Mampu mengolah makanan khas tradisional setempat
     yang berkaitan dengan adat kedaerahan, misal:lodho,
     eseng-eseng , ingkung ayam dll.
3.  Mampu membuat sedikitnya 5 macam kue dengan
     bahan dasar singkong.
4.  Mampu membuat sedikitnya 3 macam kue dengan
     bahan dasar singkong, ketan / tepung terigu






                                               

                                   
BAB III
KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun ajaran. Kalender pendidikan mencakup permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif, dan hari libur.

TABEL 7:
ANALISIS HARI BELAJAR EFEKTIF
KALENDER PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2011-2012
BULAN
Semester
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum`at
Sabtu
Jumlah
Hari
Kegiatan
Juli 2011
Semester I
2
2
1
2
2
2
11
14 Juli hari pertama masuk sekolah.
14,15,16 Juli awal belajar semester I.
Agustus 2011
4
4
4
4
4
3
23
17 Agustus Proklamasi Kemerdekaan RI
30 Agustus Isro`Miroj Nabi Muhammad SAW
Sept.2011
4
4
4
3
3
4
22
1,2 Sept. Libur awal Ramadhan
Oktober 2011
3
3
3
2
2
2
17
24,25,26,27,29,30 Okt. Libur menjelang Idul Fitri
1,2,3,4,6,7,8. Libur Idul Fitri
Nop.2011
4
4
4
5
5
4
26
-
Desember 2011
5
3
4
3
4
5
24
8 Desember Idul Adha
25 Desember Natal
Januari 2012
1
2
2
2
3
3
13
1 Tahun Baru Masehi
7,8,9,10 Ulangan Semester I
21,22,23,24,25,26 Libur Semester I
JUMLAH:
136

Jan.2012
Semester II
1
1
1
1
-
-
4
-
Peb.2012
4
4
4
4
4
4
24
-
Maret 2012
4
4
3
4
4
4
23
23 Maret Hari Raya Nyepi
27 Maret Maulud Nabi Muhammad SAW
April 2012
5
5
4
4
4
4
26
6 April Wafat Yesus
Mei 2012
3
3
3
3
4
5
21
21 Mei Ulangan Umum Kelas VI
Juni 2012
4
3
3
2
2
2
16
1 s/d 6 Juni UAS SD
Ulangan Umum Semester II
JUMLAH :
114


Keterangan           :
Jumlah Jam Belajar                            : 36 Minggu
Senin~Kamis                                        : Sholat Dhuhur berjama`ah untuk kelas III~VI (Islam)
Jum`at                                                   : Ceramah Agama
Sabtu                                                     : Latihan Pramuka
BAB IV
P E N U T U P



               Mengingat bahan kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan, isi, dan bahan pelajaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan, maka perlu disempurnakan secara terus menerus dengan pola manajemen yang berorientasi pada MBS ( Manajemen Berbasis Sekolah ).

               Model KTSP yang kami buat ini merupakan bahan yang dapat dimanfaatkan sebagai referensi. Setiap Satuan Pendidikan dapat membuat dan mengembangkan diri dengan memperhatikan kepentingan serta ke-khasan daerah masing-masing, sehingga dalam waktu tiga tahun kita dapata membuat KTSP yang lebih baik lagi, demi kemajuan pendidikan di Satuan Pendidikan yang kita kelola dimasa mendatang khususnya di SD Negeri  Gadungan 05

               Kiranya saran dan kritik dari berbagai pihak terkait sangat kami harapkan demi sempurnanya KTSP yang kami buat sehingga menjadikan  sekolah yang kami bina menjadi lebih sempurna dan maju.




                                                                               Krisik,  15 Juli 2011

                                                                        Kepala SD Negeri  Gadungan 05  



                                                                                                          NURHABIBAH,S.PdI
                                                                                                         NIP. 196503011987031016













LEMBAR PENGESAHAN


KURIKULUM
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN
(KTSP)

                                                                                       Gadungan,  17 Juli 2011
               Ketua                                                                       Kepala
      Komite Sekolah                                                      SD Negeri  Gadungan 05


       MISWANTO                                                         NURHABIBAH,S.PdI
                                                                                         NIP.196503011987031016

                                               
Mengetahui
Kepala Dinas Pendidikan Daerah
Kabupaten Blitar



ROMELAN,S.Pd,M.Si
NIP.195301281974011002



                                                DAFTAR ISI
                                                                                                             Halaman
Lembar Pengesahan……………………………………………………………………… V
Kata Pengantar……………………………………………………………………………..i
Daftar Isi…………………………………………………………………...……………….ii
Daftar Tabel……………………………………………………………….………………iii

BAB I    PENDAHULUAN……………………………………………………………… 1
      I.1     Latar Belakang…………………………………………………….…………… 1
      I.2     Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
      I.2.1 Visi SDN Gadungan 05 …………………………………………………………            2
      I.2.2  Misi………………………………………………………………………….…….3
      I.2.3  Tujuan Umum……………………………………………………………………3
      I.3     Pengertian
      I.3.1  Kurikulum………………………………………………………………………..4
      I.3.2  KTSP……………………………………………………………………………...4
      I.3.3  Silabus…………………………………………………………………………….4
      I.3.4 Rencana Pelaksaan Pembelajaran……………………………………………...4
BAB II   STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
      II.1   Struktur Kurikulum……………………………………………………………..5
      II.2   Muatan Kurikulum SDN Gadungan 05     ………………….………………….6
      II.2.1         Mata Pelajaran……………………………………………………………..6
      II.2.1.1      Pendidikan Agama…………………………………………………………6
      II.2.1.2      Pendidikan Kewarganegaraan…………………………………………….7
      II.2.1.3      Bahasa Indonesia………………………………………………………….. 8
      II.2.1.4      Matematika…………………………………………………………………8
      II.2.1.5      Ilmu Pengetahuan Alam……………………………………...……………9
      II.2.1.6      Ilmu Pengetahuan Sosial………………………………………..………..10
      II.2.1.7      Seni Budaya dan Ketrampilan………………………………………..….11
      II.2.1.8      Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan………………….…...11
      II.2.2.1      Muatan Lokal
      II.2.2.1.1   Bahasa Jawa………………………………………………..11
      II.2.2.1.2   Komputer…………………………………………………...12
      II.2.2.1.3   Bahasa Inggris………………………………………………12
      II.2.3         Pengembangan Diri………………………………………...13
      II.2.4         Pengaturan Beban Belajar…………………………………15
      II.2.5         Ketuntasan Belajar…………………………………………16
      II.2.6         Kenaikan Kelas……………………………………………..16
      II.2.7         Kelulusan……………………………………………………17
   :   II.2.8         Penentuan Kelulusan……………………………………….17
      II.2.9         Pendidikan Kecakapan Hidup……………………………..18
      II.2.10       Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global…….18
BAB III          KALENDER PENDIDIKAN
      1.1             Analisa Hari Belajar Efektif 2011-2012…………………..21
      1.2             Kalender Pendidikan Tahun Ajaran 2011-2012…………22
BAB IV          PENUTUP…………………………………………………..23
Lampiran~Lampiran













DAFTAR TABEL
Tabel     1       : Struktur Kurikulum SDN Gadungan 05 Tahun 2011-2012….6
Tabel     2       : Beban Belajar SDN Gadungan 05 Tahun 2011-2012………..15
Tabel     3       : Standar Ketuntasan Belajar SDN Gadungan 05  …………..16
Tabel     4       : Program Pembelajaran Komputer SDN Gadungan 05 ……18
Tabel     5       : Program Ketrampilan Kelas I-III……………………………19
Tabel     6       : Program Ketrampilan Kelas IV-VI……………………........20
Tabel     7       : Kalender Pendidikan…………………………………….. …21





















                                                           

1 komentar:

  1. Selamat Blog barunya, Semoga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kemajuan Pendidikan di Kecamatan Gandusari. Amin...

    BalasHapus